Pages

8.16.2010

Kongres Nasional IAKMI XI

Kongres Nasional (Konas) IAKMI merupakan  agenda rutin IAKMI yang dilaksanakan setiap 3 tahun. Tepat pada tahun ini diselenggarakanlah Konas ke-11 IAKMI.  Konas ke-11 IAKMI ini telah diselenggarakan pada tanggal 3-5 Agustus 2010 bertempat di Hotel Horizon , Jalan Pelajar Pejuang ’45 No. 121 Bandung. Adapun tema pokok Kongres Nasional IAKMI ke-11 ini adalah:  “ Promotion and Prevention as Sustainable Investment for Health of The Nation “.

Berbagai kegiatan yang diadakan pada KONAS IAKMI ke-11 adalah sebagai berikut: Presentasi Key Note Speech oleh: Dr. Agung Laksono (Menkokesra RI), Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta (Menteri Lingkungan Hidup RI), dr Sugiri Syarief (Menteri Kependudukan RI), Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nuh, DEA (Mendiknas RI), Dr. Endang R. Sedyaningsih, MPH, PhD (Menteri Kesehatan RI), Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Farid Moeloek, SpM (Utusan Khusus untuk Pencapaian MDG’s), Prof. Dr. Ulrich Lasser. Presentasi Makalah Utama (Panel Session) oleh: Sekjen Kemenkes RI , Ketua dan anggota Komisi IX DPR-RI, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ketua IAKMI Pusat, Ketua Forum Desentralisasi, Entrepreneur/Pengusaha dan Pimpinan Universitas maupun Lembaga lain serta penyaji makalah bebas. Pada kesempatan ini Ibu Menteri Kesehatan RI mendapat penghargaan Sulianti Saroso yang diberikan oleh ketua IAKMI,  Prof.DR. dr. Adang Bachtiar, MSc.

Dalam rangkaian Kongres tersebut, diselenggarakan pula Pertemuan Nasional AIPTKMI (Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia), Forum Tahunan Desentralisasi Kesehatan, Simposium Nasional dan Internasional , Rapat Kerja Lembaga / Organisasi Profesi, Pelatihan-Pelatihan, Pameran Kesehatan, serta berbagai kajian kesehatan lainnya. Kementerian Kesehatan terutama Pusat Promosi Kesehatan pun turut andil dalam kegiatan tersebut yaitu dengan mengadakan kegiatan pameran kesehatan. Kegiatan pameran ini bertujuan  untuk meningkatkan pengetahuan peserta terhadap kesehatan agar dapat menggerakkan dan memberdayakan masyarakat di daerahnya. Dalam pameran tersebut pusat promosi kesehatan membagikan berbagai media promosi kesehatan yang telah dihasilkan seperti: buku kebijakan nasional promosi kesehatan, buku petunjuk teknis promosi kesehatan di daerah serta media poster dan leaflet. (Imam Apriyana)
Sumber : promosikesehatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar